lawalataipb/ July 3, 2011/ Ekspedisi Lawalata/ 5 comments

Dramaga, 02 Juli 2011. Tiga Tim ekspedisi besar yang tergabung dalam perkumpulan mahasiswa pecinta alam Lawalata IPB siang tadi melakukan upaca pelepasan pemberangkatan. Masing-masing dari ketiga tim tersebut adalah 1) International Cave Expedition “ Eksplore The Biggest Cave In The World”, Ekspedisi 2) Studi Lapang Akhir Lawalata IPB “Ekspedisi Pulau Biak” dan 3) Studi Etnomedika di Suku Dayak Ahe, Kalimantan Barat. Tahun ini memang tahun yang sangat berat dan istimewa, Tiga Ekspedisi besar dilakukan dalam waktu yang bersamaan. Hal itu di karenakan keingginan dari setiap anggota Lawalata yang tinggi untuk membuat kegiatan yang tidak kalah hebat dengan kegiatan tahun-tahun sebelumnnya, tutur Agung Adi Setiawan, penanggung jawab sementara ketua umum Lawalata IPB.

 

Kegiatan Pelepasan ini merupakan salah satu rutinitas yang dilakukan Lawalata IPB setiap akan mengadakan kegiatan besar. Salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan semangan anggota TIM yang akan melakukan kegiatan. Pelepasan secara simbolik ini dihadiri oleh 11 anggota Luar Biasa, 19 Anggota Biasa, 5 orang MPCA dan 1 orang partisipan Lawalata IPB.

Pelepasan secara simbolik pertama dilakukan oleh PJS Ketua Umum Lawalata IPB Agung Adi Setiawan kepada ketua TIM International Cave Expedition Miftah Ayatussurur. Pelepasan dilakukan dengan menyerahkan seperangkat peralan penelusuran goa kepada TIM yang akan berangkat pada Tanggal 5 Juli nanti. Selanjutnya Pelepasan Kedua dilakukan oleh Pembina Lawalata IPB Mirza Dikari Kusrini Kepada Ketua TIM SLA dan yang ketiga pelepasan dilakukan oleh Anggota Luar Biasa Lawalata IPB Tianto Pieter kepada Ketua TIM Studi Etnomedika Suku Dayak Ahe Desy Leo Ariesta.

Dua dari kegiatan ini, yaitu International Cave Expedition dan Studi Etnomedika suku dayak Ahe merupakan kegitan yang memang terencana atas ide dan kreatifitas Anggota Lawalata IPB. sedangkan Ekspedisi Pulau Biak merupakan studi Lapang Akhir yang memang Rangkaian dari Masa Pembinaan Calon Anggota Lawalata IPB. SLA tersebut merupakan syarat bagi Calon anggota Lawalata IPB agar dapan menjadi Anggota Muda Lawalata IPB.

Salah satu kegaitan yaitu International Cave Expedition merupakan kegiatan yang telah direncanakan Lawalata IPB dua tahun terakhir. Ekspedisi ini akan menunjukan bahwa Lawalata IPB merupakan Mapala pertama di Indonesia yang mengekplore kekayaan Taman Nasional Phong-Na ke Bang, Vietnam. Hal ini merupakan bukti mengenai Kepedulian Lawalata IPB akan bentang karst yang ada di dunia. Tutur ketua tim ekspedisi Miftah Ayatussurur.

Dengan adanya kegiatan ini semoga dapat meningkatkan nilai-nilai cinta lingkungan yang ada selama ini. Selain itu kegiatan ini juga merupakan bukti konsistensi dan peranan Lawalata dalam mencintai lingkungan di Indonesia bahkan didunia. (Mufti Ode / L 290)

5 Comments

  1. wish our event be great.
    Lawalata akan selalu tetap jaya !!

    *etnofitomedika, bukan etnomedika

  2. tOP MARKOTOP. Lanjutkan.

  3. Lawalata Jaya!!!
    #salam hangat dari kulon progo

  4. selamat jalan, semoga sukses, tdk menemui hambatan di negeri orang, kembali ke Bogor bawa oleh2 cerita yg buanyak dan bisa membawa nama harum Lawalata yg konon kabarnya cuman LAWAk, LAgu, dan TAri …. hehehe

  5. Smoga aku bisa masuk IPB dan di ijinin Ikut Mapala.. heheh Amiiinnn
    Ingin kmbali menjejakan kaki di gunung. ….

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*