lawalataipb/ March 27, 2014/ Aksi/ 0 comments

Bogor, Senin 24 Maret 2014

Suasana Menulis #BlogSungai di Samdhana Institut

Suasana Menulis #BlogSungai di Samdhana Institut

Tercatat ada 29 orang dari berbagai daerah yg ikut menjadi peserta menulis #BlogSungai untuk memeriahkan Hari Air Dunia 2014. Peserta yg membahas kondisi perairan di Pulau Jawa (15), Sumatera (4) dan Kalimantan (4); dan kondisi pengelolaan air secara umum (8). Mereka mengirimkan link blog-nya ke @hsuciandari dan @ritamustikasari, atau nge-tag di media sosial facebook. Terdapat 7 orang yg menulis 2 buah artikel; terdapat 3 orang yg mengirimkan photo kondisi sungai di sekitaran tempat tinggalnya; total tulisan 33 postingan. Sebanyak 15 orang peserta ngeblog yg berdomisili di Bogor melakukan menulis bareng di Kantor Samdhana di Jalan Guntur, Bogor.

Kegiatan menulis #BlogSungai bareng ini adalah upaya untuk menumbuhkan rasa cinta dan peduli sungai. Jika masing-masing peserta ngeblog ini membaca dan memberi komentar postingan artikel kawan lainnya, maka kita sudah saling belajar 23 nama sungai (dan beberapa gua karst ) baru (lihat daftar judul di tabel di bawah). Tidak terbatas pada nama sungai, tapi juga melihat bagaimana kondisi pengelolaan yg ada di daerah itu, bagaimana masyarakat bergantung kepada sungai dan seberapa bersih atau kotornya sungai kita.

daftar tulisan Blog Sungai 1

daftar tulisan Blog Sungai 2

Pada hari sungai dunia ini ada banyak kelompok sungai yg melakukan berbagai aktifitas, seperti mulung sampah dan nyusur sungai sampai ke hulu mata air. Gerakan komunitas ini perlu terus didukung dan dikuatkan agar publik kelompok pengguna air lebih olid. Ini adalah upaya kita untuk terus saling mengingatkan dan memperkuat pemahaman publik atas beragamnya kelompok pengguna air yg berbeda.

Dan aksi menulis sungai belajar bersama tidak akan berhenti di sini, akan terus menggumpal dan membesar. Masing-masing peserta akan membaca dan memberi komentar di blog peserta lainnya, yg kemudian akan dibaca dan dikomentari oleh teman di jejaringnya.

oleh Rita Mustikasari

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*