lawalataipb/ April 10, 2014/ Aksi/ 0 comments

         

Kowak malam kelabu (Nycticorax nycticorax) pada pohon yang terletak di tepi Danau Situ Leutik LSI

Kowak malam kelabu (Nycticorax nycticorax) pada pohon yang terletak di tepi Danau Situ Leutik LSI

  Ada banyak cara untuk membuat mahasiswa, dosen, pegawai, dan 10.000 orang sivitas akademika lainnya untuk peduli Danau LSI. Ada banyak orang yang hingga kini menjadi pengambil manfaat dari Danau LSI mulai dari tempat untuk santai, refreshing, wisata, penelitian, praktikum, ada juga yang menjadi mata pencaharian seperti aktivitas memancing. Hampir seribu partisipan terlibat aksi bersih danau LSI untuk menyelamatkan Danau LSI, sampai dialog/wawancara dengan dosen dan PPLH IPB dilakukan untuk mengetahui persepsi dan solusi terhadap permasalahan di Danau LSI.

               Kali ini kami ingin membuat sebuah gebrakan baru dengan melibatkan semua pihak yang sudah ataupun belum mengambil manfaat dari keberadaan Danau LSI  dan Situ Perikanan. Kami ingin mengajak 3000 partisipan untuk mengenal, menyayangi dan melestarikan Ekosistem Perairan Menggenang satu-satunya di Kampus IPB Darmaga Bogor. Salah satu program dalam Save Our Situ 2014 kali ini adalah mengamati satwa liar yang menjadikan Danau LSI dan Situ Perikanan sebagai habitatnya.

          Terdata bahwa ada banyak satwa yang tinggal secara permanen di ekosistem perairan tersebut diantaranya Reptilia dan Amfibi (Biawak (Varanus salvator), Ular weling (Bungarus fasciatus), Ular kobra (Naja sputatrix), Ular air (Enhidris sp.), Kadal kebun (Eutropis multifasciata), Bunglon (Broncocela jubata), Cicak terbang (Draco sp.), Kodok buduk (Duttaprynus melanostictus), Katak tegalan (Fejervarya limnocharis), Kodok puru besar (Phyrinoidis aspera), Bancet hijau (Occidozyga lima), Katak pohon hijau (Rhachoporus renwardtii), Katak pohon bergaris (Polypedates leucomystax).

         Kongkang gading (Hylarana erythraea), Aves (Kowak malam kelabu (Nycticorax nycticorax), Kareo padi (Amaurornis phoenicurus), Cekakak sungai (Todirhamphus chloris), Cekakak jawa (Halcyon cyanoventris), Raja udang meninting (Alcedo meninting), Gereja (Paser montanus), Layang-layang loreng (Hirundo striolata), Kutilang (Pycnonotus aurigaster),  Madu sriganti (Nectarinia jugularis), Bambangan merah (Ixobrychus cinamomeus) , Betet (Psittacula alexandri), Wiwik kelabu (Cacomantis nerulinus), Kapinis rumah (Apus affinis)), Pisces (Gurame (Oshpronemus gouramy), Nila (Oreochromis niloticus), Julung-julung (Hemiramphridae)), Sapu-sapu (Loricarridae), Mas (Cyprinus caprio), Gabus (Chana striata), Beunteur (Puntius binotatus), Gastropoda  (kijing dan keong-keongan), krustase (kepiting dan udang).

            Program ini akan dilaksanakan pada bulan Mei 2014. Merasa sudah atau belum mengenal satwa diatas.? Gabung Yuk… Bantu kami menyebarluaskan informasi ini dengan me-retweet #SOSlawalataipb2014

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*