lawalataipb/ June 1, 2014/ Catatan Kajian/ 1 comments

Desa cikarawang adalah desa di kecamatan dramaga bogor yang letaknya di belakang kampus IPB dramaga. Di desa ini mempunyai jumlah kepala keluarga sebanyak 2114 kepala keluarga, desa cikarawang terdiri dari tiga dusun. Melihat dari tofografi nya, sebagian besar wilayah desa cikarawang persawahan dan ladang. Rata-rata mata pencaharian masyarakat di desa tersebut petani dan berdagang.

“Di desa cikarawang terdapat sebuah situ yang bernama situ burung. Karena dahulu nya, menurut warga sekitar situ tersebut banyak di singgahi burung burung dan katanya yang memberi nama tersebut adalah orang belanda pada masa penjajahan dan situ burung ada kaitannya dengan dua situ di sekitarnya yaitu situ gede dan situ panjang.”  Ujar Pak Sanuki.

Melihat dari lokasinya, saya pikir Situ Burung strategis sebagai tempat wisata, namun sepertinya  belum banyak orang yang tahu keberadaan situ ini. Tempat yang sejuk dan jauh dari keramaian membuat warga sekitar setiap sore hari banyak yang nongkrong hanya untuk ngobrol ngobrol di pinggiran situ.

Kini, Situ Burung di manfaatkan masyarakat setempat untuk mandi, cuci dan bahkan banyak yang membuka tambak ikan. Ada sebuah lembaga pemberdaya masyarakatnya untuk mengolah situ burung sehingga situ burung tetap terjaga keasriannya.

Selain di manfaatkan untuk kebutuhan air, Situ Burung juga sebagai sumber utama pengairan persawahan  dan perladangan warga. Sebagai pengganti jika musim kering tiba karena warga hampir setahun penuh bersawah. Dan menurut warga situ tersebut belum pernah kering.  Di samping itu semua warga mulai memanfaatkan area sekitar situ burung karena di anggap mempunyai potensi wisata yang meyakinkan dengan mendirikan warung sederhana yang menjual jajanan, membuat tempat pemancingan dan membuat tambak ikan budidaya.

Masih banyak potensi yang harus di kembangkan di sekitar situ burung untuk di jadikan tempat wisata warga juga mahasiswa.

Ayo kunjungi Situ Burung!!!

oleh Karat/ AM

1 Comment

  1. Situ burung ternyata banyak versi ya tentang asal muasal namanya.. menarik sekali.
    Memang situ burung sangat berpotensi untuk wisata, dekat dari kampus, bisa mancing, seru deh!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*