lawalataipb/ June 1, 2014/ Catatan Kajian/ 1 comments

Desa Cikarawang adalah salah satu desa sekitar kampus IPB yang bisa disebut ya seperti kebanyakan desa lainya yang ada di Kecamatan dramaga. Rata-rata wilayahnya adalah daerah sawah dan kebun karena memang kebanyakan penduduk Desa Cikarawang adalah petani.  Tapi sebenarnya ada potensi yang tidak banyak orang tahu tentang Desa Cikarawang, yaitu desa yang bisa disebut desa air.

Dahulu sebelum wilayah Desa Cikarawang pemekaran, daerah Situ Gede juga merupakan bagian dari wilayah Desa Cikarawang. Dari desa Situ Gede yang sekarang berpisah secara administrasi dengan Desa Cikarawang terdapat danau atau lebih dikenal dengan Situ Gede. Selain itu juga terdapat Situ Panjang dan Situ Burung. Ketiga situ ini saling terhubung. Air mengalir dari Situ Gede lalu ke Situ Panjang dan ke Situ Burung. Dahulu kata warga setempat juga ada situ leutik tapi sekarang sudah tidak ada.

Sebelah utara Desa Cikarawang berbatasan langsung denjgan Sungai Cisadane yang mengalir sangat deras. Sebelah selatan dan barat Desa Cikarawang berbatsan langsung dengan Sungai Ciapus yang airnya juga sangat deras. Jadi Desa Cikarawang secara geografis memang seperti desa di atas air, karena desanya seperti sebuah pulau yang sekelilingnya ada air dan di tengahnya jaga ada situ atau danau.

Sungai dan danau mungkin hal yang gampang ditemui di Desa Cikarawang. Tapi ada lagi potensi yang banyak terdapat di Desa Cikarawang yang semakin menjelaskan kalau Desa Cikarawang memang seperti desa di atas air. Potensi tersebut adalah sangat banyak sumber mata air yang mengalir sepanjang tahun dan airnya bisa langsung diminum karena sangat bersih. Sumber mata air tersebut sebagian ada yang terurus tetapi ada juga yang dibiarkan saja oleh warga. Biasanya kalau lagi musim kemarau sumur-sumur warga akan kering dan warga akan memanfaatkan sumber mata air tersebut untuk kebutuhan sehari-hari.

Orang-orang yang sudah tua pernah berkata kalau dimana ada air disitu ada kehidupan. Pada kondisi Desa Cikarawang hal tersebut sepertinya sangat benar. Dari air warga Desa Cikarawang banyak menggantungkan hidup, tetapi  ada yang unik di Desa Cikarawang selain kita manusia dan makhluk yang terlihat kasat mata. Warga juga sangat mempercayai banyak sekali kehidupan gaib di Desa Cikarawang, hal tersebut mungkin karena memang benar kalau air itu sumber kehidupan, termasuk kehidupan gaib.

Oleh Komor/ AM

1 Comment

  1. Judulnya lucu, sekilas terbayang desanya itu ngapung. 🙂
    Tidak hanya di sana, di tempatku dan kurasa banyak tempat lain juga, mata air erat kaitannya dengan dunia mistik. Belum tahu apa hubungannya. Diteliti aja tuh, lucu sepertinya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*