lawalataipb/ February 15, 2016/ Berita Utama, Lain lain/ 0 comments

SIAPA LAGI KALAU BUKAN KITA?

SIAPA LAGI KALAU BUKAN KITA?

Film “Hope (Harapan)” menjadi salah satu film yang mewakili kisah perjuangan masyarakat adat Indonesia pada Pertemuan Para Pihak (COP) ke-21 Konvensi Kerangka Kerja PBB untuk Perubahan Iklim (UNFCCC) yang berlangsung Desember lalu. Film yang ditampilkan dalam rangkaian kegiatan Siapa Lagi Kalau Bukan Kita (If Not Us Then Who) itu sendiri merupakan kumpulan kerja keras Handcrafted Film selama lebih dari dua tahun dengan mengajak rekan-rekan dari LSM dan masyarakat sipil dari berbagai negara mulai dari Indonesia, Brasil, Kongo, Nikaragua, hingga Peru.

Hubungan masyarakat adat dengan hutannya kini terancam oleh eksploitasi sumber daya alam dunia modern. Masyarakat yang menjadikan hutan sebagai rumah mereka, kini harus terus berjuang dan sering kali harus P1810718mengalami kekerasan ketika mempertahankan wilayah adat mereka. Film ini menceritakan kisah masyarakat adat dayak iban Desa Sei Utik di Kalimantan barat yang berjuang menjaga hutan merekan dari ekspansi perkebunan kelapa sawit.

Acara yang diselenggarakan pada 15 Februari 2016 di Auditorium Andi Hakim Nasoetion IPB Darmaga ini merupakan kegiatan terakhir dari rangkaian Goes To Campus yang sebelumnya diadakan di Sumatera Utara Januari Lalu. Kegiatan ini menggandeng partner lokal Indonesia Nature Film Society (INFIS), yang dibantu oleh Fakultas Ekologi Manusia IPB, Forest Watch Indonesia (FWI), Aliansi Masyarakat Adat Nusantara, Lawalata IPB, Green TV, Agri FM, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Acara ini juga dilanjutkan dengan diskusi interaktif bersama pemateri Een Irawan Putra (Indonesia Nature Film Society), Abdon Nababan ( Sekjen Aliansi Masyarakat Adat Nusantara), dan Soeryo Adiwibowo (Ecology expert dan pengajar Fema IPB).

 

Diskusi

Foto Sesi Diskusi

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*