lawalataipb/ April 27, 2016/ Aksi, Berita Utama, Cerita Anggota/ 0 comments

Ada sebuah pernyataan yang sudah tidak asing bagi para pecinta lingkungan, bahwa menjaga kelestarian alam harus dilakukan dari diri sendiri, dari sekarang dan dari lingkungan sekitar. Perkumpulan Mahasiswa Pencinta Alam Institut Pertanian Bogor LAWALATA IPB dengan kesadarannya dalam menjaga kelestarian lingkungan mencoba terjun langsung dan berusaha menjadi motor penggerak bagi siapapun yang sadar akan pentingnya kelestarian alam. Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh LAWALATA IPB dalam menjaga kelestarian lingkungan adalah kegiatan Save Our Situ. Tahun ini LAWALATA IPB mengadakan kembali kegiatan Save Our Situ yang ke-11.

Danau LSI atau yang biasa dikenal dengan Situ Leutik merupakan satu-satunya ekosistem perairan menggenang yang ada di Kampus IPB Dramaga Bogor. Danau ini memiliki luas 1,1 ha yang terdiri dari dua badan Situ yaitu Situ LSI dan Situ Perikanan. Keddua situ ini  tersekat oleh gedung LSI. Kampus IPB Dramaga dikelilingi oleh tiga sungai yaitu Sungai Cisadane, Sungai Cihideung dan Sungai Ciapus. Kondisi permukaan tanahnya dipengaruhi oleh bukit yang bergelombang berkisar pada ketinggian 145-204 mdpl. Dengan kondisi tersebut, kampus IPB memiliki potensi biodiversitas yang tinggi dilihat dari aneka satwa yang hidup baik di badan danau dan di sekitar danau.

Keberadaan Danau LSI IPB memiliki tiga nilai penting yang harus dipertahankan, yaitu nilai ekologi, nilai sosial dan nilai keilmuan. Dari sisi ekologi, Danau IPB berfungsi sebagai habitat berbagai jenis satwa seperti burung (kowak malam kelabu (Nycticorax nycticorax), kareo padi (Amauromis phoenicurus), bambangan merah (Lxobrychus cinnamomeus), burung gereja Erasia (Passer montanus) dan pipit bondol (Lonchura Sp.)), beberapa ikan, ular, katak, kodok, biawak (Varanus salvator), mamalia dan berbagai satwa lainnya yang singgah atau tinggal di danau dan sekitarnya. Sebagai fungsi ekologi, berbagai jenis hewan dan tumbuhan sangat bergantung terhadap kelestarian habitat Danau LSI. Danau ini berperan sebagai habitat bagi hewan-hewan untuk mencari makan (feeding ground), lokasi peremajaan (nursery ground), dan lokasi memijah (spawning ground). Rusaknya lingkungan Danau LSI akan mengancam keberadaan satwa yang tinggal di sana. Dari sisi sosial, Danau LSI sering dimanfaatkan mahasiswa dan masyarakat sekitar sebagai objek wisata lingkungan, Danau LSI pun berfungsi sebagai sarana pendidikan dan penelitian bagi mahasiswa untuk mempraktikan teori yang didapat di kuliah.

Keberadaan Danau LSI terancam karena kurangnya kepedulian IPB secara institusi dalam mengelola dan mengoptimumkan potensi tersebut. Permasalahan Danau LSI yang terjadi saat ini yaitu degradasi lingkungan karena tidak terkontrolnya pembuangan limbah ke Danau LSI. Pembuangan limbah yang membawa nutrien dari limbah rumah tangga membuat keberadaan Danau LSI semakin terancam akibat pendangkalan dari pengaruh eutrofikasi (penyuburan). Pendangkalan ini berdampak pada hilangnya ekosistem perairan Danau LSI. Hilangnya ekosistem perairan maka berakibat hilangnya fungsi Danau LSI sebagai habitat bagi berbagai satwa. Mengingat banyaknya satwa yang terdapat di lingkungan danau, maka dibutuhkan perhatiaan lebih segenap civitas akademika kampus untuk tetap melestarikan habitat yang ada.

Dampak yang tidak diinginkan ini berusaha diantisipasi oleh mahasiswa IPB yang tergabung dalam kegiatan Save Our Situ (SOS) . Upaya penyelamatan Danau LSI ini diinisiasi oleh organisasi pecinta alam LAWALATA IPB sejak tahun 2006. Save Our Situ memiliki misi untuk mengajak mahasiswa IPB agar lebih peduli terhadap salah satu ekosistem air menggenang di kampus ini. Save Our Situ berupa kegiatan aksi bersih sebagai inti acaranya. Aksi bersih yang dilakukan yaitu pengangkutan sampah-sampah organik, anorganik, dan bersih-bersih kiambang. Lawalata IPB bekerja sama dengan berbagai ormawa yang ada di dalam kampus, PPLH, Biro Umum, dan komunitas peduli lingkungan. Kegiatan Save Our Situ diikuti pula oleh mahasiswa umum IPB. Dengan bergerak bersama-sama dalam melakukan aksi bersih Danau LSI ini, sama halnya dengan berkontribusi langsung menjaga kelestarian danau. Lawalata IPB sebagai organisasi pencinta alam berusaha untuk mampu menjadi wadah dan inisiator dalam menjaga kelestarian alam lingkungan sekitar. Perilaku yang dilakukan saat ini berdampak terhadap kelestarian Danau LSI di masa mendatang.

Ira Khoerunnisa/L-360

 

Foto-Foto kegiatan SOS LAWALATA IPB bisa dilihat disini

Hasil kajian Morfologi dan Morfometrik danau LSI bisa dilihat disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*