Sambutan Hangat di Kota Dompu, Nusa Tenggara Barat

lawalataipb/ July 27, 2017/ Studi Lapangan Anggota/ 0 comments


(Dompu, 27 Juli 2017) Ekspedisi adalah perjalanan jauh yang memiliki tujuan tertentu dan membutuhkan proses yang panjang untuk mencapai perjalanan ini. Ekspedisi dilakukan setiap tahunnya oleh anggota muda Lawalata. Tahun ini, Lawalata IPB mengadakan ekspedisi berjudul “Ekspedisi Atap Sumbawa” yang bertempatkan di Taman Nasional Tambora. Tim ekspedisi beranggotakan 11 orang, yaitu 9 orang anggota muda, dan 2 orang pendamping. Tim sampai di Dompu pada hari Rabu, 26 Juli 2017 dan langsung diterima dengan hangat oleh pihak Taman Nasional Tambora di rumah singgah yang berada di Jl. Syekh Muhammad No. 5 Lingkungan Jado, Kelurahan Doro Tangga, Kabupaten Dompu pada pukul 11.00 WITA.
Potensi wisata alam Gunung Tambora menyuguhkan keindahan panorama dari hutan daratan rendah hingga hutan pegunungan. Berbagai flora dan fauna dapat ditemui yang akan menambah pengalaman dan merupakan sensasi tersendiri bagi wisatawan, salah satunya adalah Rusa Timor Flores. Rusa Timor Flores merupakan hewan yang menjadi identitas Nusa Tenggara Barat dan Tambora, tetapi menurut IUCN, status dari Rusa Timur Flores ini adalah rentan (vulnerable). Perburuan liar dan ilegal logging pun masih dilkukan oleh masyarakat sekitar kawasan. Hal ini dikhawatirkan dapat mengancam populasi dan kondisi habitat rusa timor flores. Oleh sebab itu perlu adanya tindakan pencegahan dalam upaya menyelamatkan rusa timor flores dari resiko kepunahan. Tim ekspedisi bermaksud untuk mempelajari kondisi populasi dan persebaran rusa timur flores (Cervus timorensis florensiensis) di Taman Nasional Tambora, dan mengkaji pengaruh penetapan Tambora menjadi taman nasional terhadap sosial masyarakat setempat.
Malam harinya pada pukul 20.55 WITA, tim melakukan audiensi kepada Pak Deni sebagai pengganti dari kepala balai Taman Nasional Tambora (Pak Budhy Kurniawan), Pak Aep selaku kepala resort jalur Piong dan Kawinda To’i, Pak Sa’ad selaku kepala polisi hutan di kawasan Taman Nasional Tambora, Pak Junaidin selaku kepala resort jalur Doro Ncanga, dan Pak Ibnu selaku polisi hutan di kawasan Taman Nasional Tambora. Audiensi ini dipimpin oleh Ahmad Juang Setiawan selaku ketua pelaksana ekspedisi. “Taman nasional ini masih baru, jadi kami hanya bisa support pendamping, tempat sementara, konsumsi di lapangan, dan mobilisasi. Kami yang banyak mengucapkan kalembo ade (terima kasih ; berbesar hati) atas penelitian yang akan kalian lakukan,” ujar Pak Deni. Hasil audiensi terkait adalah pihak Taman Nasional memberikan dukungan pada aspek konsumsi, pendamping lapangan, dan rumah singgah. Pihak taman nasional berharap, tim ekspedisi memberikan output sesuai dengan kesepakatan berupa laporan ilmiah, poster ilmiah, dan dokumentasi dari ekspedisi ini.
Hari ini, tim melakukan audiensi kepada pemerintah daerah (Pemda) Dompu pada pukul 14.00 WITA, namun pada pukul 11.00 WITA pihak Pemda setempat meminta tim untuk segera ke kantor. Tim melakukan audiensi bersama Bapak Ir. H. Bambang M. Yasin selaku bupati Dompu. Pak Bambang mengatakan, “Dompu ini terkenal sejak dua tahun yang lalu karena perkebunan jagungnya yang luasnya mencapai ribuan hektar, namun daya tarik bagi wisatawannya masih kurang, untuk itu kami membutuhkan data dari kalian agar bisa dipublikasikan potensi wisata yang terdapat di Dompu ini, khususnya di kawasan Taman Nasional Tambora.” Hasil dari audiensi terkait adalah menurut bapak bupati, masyarakat Dompu yang bersentuhan langsung dengan Taman Nasional Tambora belum merasakan dampak langsung dari perubahan status Tambora ini, bahkan sebagian masyarakat pun belum mengetahui dengan perubahan status ini. Padahal sudah banyak terjadi perubahan, yaitu kawasan yang sudah dikelola oleh taman nasional, dan tercetus aturan berupa larangan berburu, serta larangan penebangan liar. Pak Bambang juga berharap akan data yang tim hasilkan dapat diberikan kepada Pemda Dompu.

Salma Zubaidah – AM

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*