Seminar Eskpedisi Lawalata IPB: Jelajah Warna Negeri di Atas Awan dan Kekayaan Pesisir Nusantara

lawalataipb/ September 25, 2017/ Uncategorized/ 0 comments

Perkumpulan Mahasiswa Pecinta Alam Institut Pertanian Bogor (LAWALATA IPB), merupakan wadah bagi mahasiswa IPB dan alumninya untuk tidak sendirian dalam mengekspresikan jiwa yang bebas, merdeka, alamiah, spontan dan jujur.

“Suatu nilai yang identik dengan alam itu sendiri” yang selalu bertindak mengikuti nurani serta terus menerus mencari jalan untuk mengalahkan diri sendiri dengan prinsip tidak akan menyakiti alam beserta isinya serta berusaha mempertahankan perbedaan karakter tiap anggota dengan menyadari bahwa setiap makhluk hidup memiliki keunikan.

Begitu pula dengan wawasan mengenai eksplorasi keanekaragaman hayati perlu dimiliki oleh setiap orang, terlebih bagi para peneliti muda. Pelajaran ini tidak hanya didapatkan di bangku kuliah saja. Akan tetapi, juga diperoleh dengan melakukan kegiatan langsung ke lapangan. Kegiatan langsung ke lapangan ini merupakan suatu ekspedisi yang secara rutin dilakukan oleh Lawalata (Perkumpulan Mahasiswa Pecinta Alam) Institut Pertanian Bogor dengan berbasis scientific adventures.

Perwujudan untuk berbagi pelajaran mengenai menjaga, peduli, dan mencintai kenakeragaman hayati dilakukan melalui salah satu kegiatan dari Lawalata IPB, yakni berupa kegiatan Seminar Ekspedisi Lawalata IPB yang bertemakan “Jelajah Warna Negeri di Atas Awan dan Kekayaan Pesisir Nusantara” yang merupakan pemaparan serta diskusi langsung mengenai hasil dua ekspedisi Lawalata IPB pada tahun 2017.

Pertama, Studi Lapang Anggota Ekspedisi Atap Sumbawa (Menapaki Jejak Rusa Timor Flores (Cervus timorensis florensiensis) dan Mengkaji Pengaruh Penetapan Status Taman Nasional Terhadap Sosial Masyarakat di Sekitar Taman Nasional Tambora) 2017 di Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat. Kedua, Ekspedisi Pesisir Lampung Timur (Kesesuaian dan Daya Dukung Ekosistem untuk Ekowisata Mangrove di Pesisir Lampung Timur) 2017 di Kecamatan Pasir Sakti, Kabupaten Lampung Timur.

Ekspedisi Lawalata IPB “Jelajah Warna Negeri di Atas Awan dan Kekayaan Pesisir Nusantara” dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian LAWALATA IPB akan keberlangsungan Rusa Timor dan Kawasan Ekowisata Mangrove yang ada di Indonesia yang merupakan bagian dari sumberdaya alam yang harus dijaga kelestariannya. Hal ini sesuai dengan misi LAWALATA IPB dalam mewujudkan gerakan lingkungan hidup secara partisipatif, kooperatif, dan berkelanjutan mulai dari hal-hal kecil dan nyata sesuai dengan perkembangan persoalan hidup.

Lawalata IPB akan mengadakan Seminar Hasil Ekspedisi Lawalata IPB “Jelajah Warna Negeri di Atas Awan dan Kekayaan Pesisir Nusantara” akan berlangsung pada pukul 08:00 WIB Sabtu, 30 September 2017 di Auditorium Sumardi Sastrakusumah (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB).

Open for public, free entry, lunch+snack, e-certificate, souvenir.

Acara ini akan memaparkan kegiatan Ekspedisi Lawalata IPB “Jelajah Warna Negeri di Atas Awan dan Kekayaan Pesisir Nusantara” serta hasil dari data yang didapatkan di lapangan. Sehingga dapat tersebar dan diketahui olah banyak pihak terkait keberlangsungan Rusa Timor dan Kawasan Ekowisata Mangrove.
Seminar ini terbuka untuk umum. Pendaftaran online akan buka hingga tanggal 29 September 2017 nanti dan bisa langsung untuk mengisi pendaftaran pada link https://goo.gl/forms/6QVWJx3iFyqRjSo22 atau mengunjungi website https://lawalataipb.or.id

Info Pendaftaran

Contact person : 085210097747 Dina S
Ig : Lawalata_ipb
Twitter : Lawalata_ipb
Website : lawalataipb.or.id
Line : http://line.me/ti/p/%40ywc6727a

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*