Lawalata IPB : Press Release SAR Sungai Cianteun

lawalataipb/ October 16, 2017/ Aksi, Cerita Anggota, Uncategorized/ 0 comments

[Press Release SAR Sungai Cianteun]
Minggu (15/10), anggota Lawalata yang terdiri dari Fikrunnia Adi Prasojo, Rendra Kurniawan, Kasrizal, dan Lestari berangkat sekitar pukul 20.00 wib ke Poskodal E-SAR “3 Santri” Sungai Cianteun untuk membantu proses pencarian 3 korban yang hanyut sekitar pukul 16.00 wib (14/10) di Sungai Cianteun Kp. Muara Rt. 01/05 Ds. Ciaruten Ilir, Kec. Cibungbulang.
Kronologisnya yaitu sekitar pukul 15.45 wib, 10 orang datang kesungai. Sebanyak 9 orang mencuci motor dan 1 orang mandi berenang. Tiba tiba 1 orang teriak minta tolong dan 2 orang berusaha menolong tapi ikut terbawa arus.
Kabar yang diterima tim dari Lawalata adalah pada hari Minggu (15/10), survivor ditemukan 1 orang atas nama Endah (16 tahun), warga Kp. Hegarmanah Rt 001/05 Ds. Mekar Jaya, Kecamatan Rumpin dalam keadaan meninggal dunia di Arus Edi Out Delta Sungai (pertemuan antara Sungai Cianteun dengan Sungai Cisadane) di balik batu pada pukul 09.50 wib. Sekitar pukul 17.40 wib, korban kembali ditemukan tidak jauh dari titik temu korban pertama dalam keadaan mengambang (meninggal) atas nama Bagas Mahesa Putra (16 tahun), warga Kp Hegarmanah Rt 003/05 Ds. Mekar Jata, Kecamatan Rumpin. Total relawan pada hari minggu sekitar kurang lebih 110 orang dengan 3 SRU.
Pencarian dilakukan pada hari selanjutnya, Senin (16/10), bantuan yang datang sekitar kurang lebih 52 orang dari berbagai instansi/organisasi seperti BPBD, Basarnas, RAPI, KOMOK, ORARI, Mapala, dan warga sekitar. Sebanyak 4 SRU yang diturunkan dengan porsi tiap SRU merupakan campuran dari berbagai instansi/organisasi. Fikrunnia Adi berada dalam tim SRU 3, Kasrizal di SRU 4, Lestari dan Rendra Kurniawan berada di pos pemantau informasi.
Kegiatan SAR dimulai dengan brifing pada pukul 07.00. Setelah brifing, semua tim bergerak sesuai dengan tupoksi yang telah disepakati. Pencarian dimulai dengan menyisir Sungai Cianteun, dekat dengan Poskodal E-SAR sekaligus daerah yang dekat dengan penemuan korban sebelumnya. Setelah 2 jam lebih mencari akhirnya korban terakhir atas nama Rizki Fadilah (18 tahun), warga Kp. Pabuaran Tutul Rt 001/05 Ds. Cidokom, Kecamatan Rumpin, ditemukan di Kp. Cisentul Desa Cibodas Rt 03/05, sekitar 8 km dari TKM. Korban berhasil di identifikasi pada pukul 11.30 wib dan langsung diantar ke rumah duka.
Setelah melalui proses evakuasi akhirnya seluruh tim kembali ke Poskodal E-SAR “3 Santri” Sungai Cianteun, yang juga merupakan tempat kegiatan rafting C-Aventure. Kegiatan SAR ini akhirnya berakhir sekitar pukul 13.00 wib.

Sekian dan terima kasih.

(Lestari/L-377)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*