lawalataipb/ February 26, 2018/ Press Release/ 0 comments

Jumat 22 febuari 2018, Lawalata-IPB diundangan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam rapat Bimbingan Teknis pengembangan standar lingkup kt 65-01 pengelolaan hutan, sebagai konseptor dalam perumusan RSNI pedoman pendakian gunung di Hotel Royal Bogor. Rapat ini merupakan kelanjutan dari rangkaian rapat teknis yang sebelumnya telah dilaksanakan hari Rabu 20 febuari di Gedung Mangalabakti Jakarta.

Menurut KLHK perlu diadakan standarisasi dalam kegiatan pendakian gunung demi menjamin keselamatan dan keamanan pendaki ,tata kelola kawasan pendakian serta keberlangsungan lingkungan di sekitar lokasi pendakian. Luaran akhir dari rangkaian pertemuan ini akan menghasilkan Standar Nasional Indonesia (SNI) terkait pengelolaan kawasan pendakian, jalur pendakian dan pendakian yang akan disahkan di tahun 2018 ini.

Bimbingan teknis ini membahas standarisasi dan penilaian kesesuain KLHK dan kaidah penyusunan Standar nasional Indonesia sebagai langkah awal konseptor untuk mengetahui bagaimana menyusun standar nasional Indonesia yang baik dan benar, serta konsep dan fungsi dari SNI itu sendiri. Pemateri Bimbingan teknis di pandu oleh bapak Hendro Kusumo dari Pusat perumusan standar BSN.
Lawalata ipb bersama teman-teman RIMPALA IPB, Mapala UI dan MAWARGA Faperta Unbar adalah konseptor perwakilan dari penggiat alam mahasiswa. Selain dari penggiat alam mahasiswa terdapat juga perwakilan organisasi penggiat alam profesi (APGI) dan organisasi penggiat alam bebas non akademisi (WANADRI). Tugas Konseptor adalah membantu KLHK dalam penyususnan RSNI pendakian be
rupa masukan dan saran dari susut pandang pendaki. Lawalata-IPB sendiri siap untuk mengkawal dan menyusun konsep dari RSNI pendakian ini hingga selesai.

Raycel Sungkar Tarigan / L-350

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*