lawalataipb/ March 12, 2018/ Berita Utama/ 1 comments

Menjelajah bersama LAWALATA IPB

Salah satu kegiatan rutin LAWALATA IPB adalah melaksanakan Studi Lapang Anggota sebagai bentuk media belajar dalam ber-Ekspedisi dan membangun semangat petualangan yang berjiwa ilmiah kepada anggota muda Lawalata IPB. Studi Lapang Anggota (SLA) pada tahun ini akan berencana melakukan ekspedisi di Taman Nasional Bogani Nani Wartabone yang berlokasi di Provinsi Sulawesi Utara dan Gorontalo. Ekspedisi kali ini berusaha mengkaji tentang fenomena burung Maleo yang populasinya kian menurun di Taman Nasional tersebut. Sehingga, upaya teknis pengkajian yang akan dilakukan adalah mengetahui daerah peneluran burung Maleo dan mengetahui kondisi habitat burung Maleo. Ekspedisi ini akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2018. Kami mempopulerkan ekspedisi ini dengan sebutan “Ekspedisi Sayap Bonawa”.

Open trip with LAWALATA IPB merupakan kegiatan yang memberikan jasa outbond dan edu-wisata di alam bebas. Kegiatan ini merupakan bagian dari program dana usaha atau penggalangan dana untuk Ekspedisi Sayap Bonawa. Biaya yang dibayarkan peserta digunakan untuk fasilitas jasa outbond dan edu-wisata berupa makanan, transportasi, perizinan, perlengkapan alat, dan keamanan. Sisa dari biaya tersebut akan digunakan sebagai bentuk penggalangan dana bagi Ekspedisi Sayap Bonawa.

Terdapat empat manfaat yang didapatkan peserta jika bergabung pada kegiatan Opentrip with LAWALATA IPB (OWL). Pertama, peserta akan mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana kegiatan alam yang dilakukan LAWALATA IPB, mapala terbaik se Indonesia (versi Kementrian Kehutanan dan Lingkungan Hidup Indonesia, tahun 2016) dan belajar langsung dengan praktik outbond serta edu-wisata di medan alam secara langsung. Kedua, peserta mendapatkan pengalaman yang berbeda dari liburan biasanya, pengalaman yang berupa ketrampilan di alam, pengalaman meng-interpretasikan alam secara estetik, dan pengalaman bersama kawan baru. Ketiga, peserta akan berkegiatan dengan nyaman dan aman sebab segala perlengkapan, konsumsi, transportasi, dan lain-lain sudah di siapkan, peserta tinggal membawa badan dan perlengkapan pribadi saja. Keempat, dengan bergabung sebagai peserta OWL, peserta ikut mendukung pelaksanaan Ekspedisi Sayap Bonawa dan secara tidak langsung mendukung kajian ilmiah yang berupaya melestarikan burung Maleo.

OWL pada intinya adalah beberapa kegiatan opentrip untuk calon peserta dengan memberikan jasa outbond dan edu-wisata. Sehingga untuk terlaksananya setiap trip terdapat jumlah peserta minimum dan maksimum pada setiap trip. Kemudian, kegiatan hanya akan berlangsung jika memenuhi kuota peserta minimum (20 orang). Juga peserta yang ikut dibatasi dengan jumlah peserta maksimum (30 orang), apabila jumlah peserta yang mendaftar telah memenuhi kuota maksimum, maka tidak boleh ada penambahan peserta. Peserta silahkan memilih trip yang sesuai minat dan waktu. Berikut adalah kegiatan trip OWL :

 

TRIP SATU #Navigasi Ceria

Waktu dan Tempat : Minggu 18 Maret 2018, pukul 07.00 -11.30, Kampus IPB Dramaga

Deskripsi :

Jaman know, dimana kegiatan pendakian gunung dan petualangan alam bebas semakin digemari. Gunung-gunung, bukit-bukit, hutan-hutan bukan lagi tempat yang mistik dan penuh misteri, justru sebagai tempat dengan keindahan alam yang menakjubkan untuk dikunjungi. Tempat untuk lari dari kepenatan kota yang kian semerawut. Tapi sayang, semakin trennya  kegiatan di alam bebas tidak dibekali dengan ilmu dan ketrampilan alam. Banyak sekali berita orang hilang di gunung, nyasar di hutan, bahkan tidak sedikit yang kehilangan nyawa. Beberapa minggu yang lalu saja ada yang nyasar di Kawah Ratu, Gunung Bunder-Bogor.

Navigasi Ceria. Solusi sekaligus cara asik belajar navigasi darat. Sederhananya navigasi darat adalah cara menentukan posisi kita dan posisi yang akan di tuju saat di alam bebas. Nah, dengan Navigasi Ceria ini, tentunya kamu yang suka atau ingin berkegiatan di alam bebas jadi punya bekal ilmu navigasi. Supaya gak nyasar dan bisa baca tanda-tanda alam. Navigasi ceria berupa materi tentang Navigasi Darat dan Outbond Navigasi Darat, sehingga selain menyerap pengetahuan, peserta bisa langsung mempraktekannya.

Kegiatan : 1. Materi navigasi darat

  1. Diskusi pengalaman dan penerapan navigasi darat
  2. Outbond navigasi darat (mempraktekan alat dan teknik dalam bentuk games)
  3. Sharing, evaluasi, dan pembagian hadiah

Fasilitas : Sarapan, snack, hadiah, stiker, dan E-Sertifikat

Peserta minimum : 20 orang

Peserta maksimum : 30 orang

Biaya : Rp. 40.000,00

Rp. 35.000,00 (Harga promosi jika peserta lebih dari 25 orang)

Cara Daftar :

  1. Hubungi via WA ke 081949194008 (Donadon) dengan format Navcer_Nama_No HP untuk WA
  2. Membayar DP sebesar Rp. 20.000,00 secara langsung ke Donadon atau via rekening BNI ke no. rekening 0577576634 a.n. Dela Meisuda Mar’atussholihah atau ke rekening Mandiri ke no. rekening 1010002304994 a.n Adinda Egreina Putri (boleh langsung bayar lunas)
  3. Jika sudah memenuhi dua syarat di atas, maka akan dimasukan grup peserta navcer
  4. Terakhir daftar tanggal 17.00 pukul 09.00 WIB
  5. Tidak ada mekanisme untuk membatalkan pendaftaran. Jika tidak hadir dan sudah membayar berarti pembayaran langsung dialokasikan panitian untuk kebutuhan fasilitas navigasi ceria dan alokasi penggalangan dana Ekspedisi Sayap Bonawa
  6. Jika peserta kurang dari 20 orang uang akan dikembalikan.
  7. Info lebih lanjut hubungi : 081949194008 (Donadon)

TRIP DUA # Back to the Jungle

Waktu dan Tempat : Cooming Soon

Deskripsi : Bukankah membosankan terus terjebak macet dan polusi? Sampah dan keributan dimana-mana? Back to the Jungle berarti kembali ke hutan. Nantikan kegiatan trip ke hutan ini. Kamu akan kami ajak bersepeda menyusuri pedesaan dan menuju ke hutan lebat. Mengajakmu membebaskan diri sejenak dari karbon monoksida yang selalu mengepungmu di jalanan. Mari bernafas bersama rimbunnya pepohonan. Menikmati angin yang membelai dedauanan. Kami ajak kamu belajar bersama para pengelola di penangkaran rusa. Kenapa rusa ditangkarkan? Bagaimana memeliharanya, apakah seperti ternak? Makan apa saja ia? Kumpulkan segala  pertanyaan mu, lalu jadilah peserta trip ini. Kami ajak kamu belajar jenis-jenis pohon di hutan sambil menjelajahinya. Tidak hanya menjelajahi dan tahu jenis-jenis pohon. Kami ajak kamu naik pohon (dengan peralatan yang safety prosedure tentunya). Lalu kamu akhiri dengan bermain perahu di telaga nan luas. Sudah pernah arung jeram? Jika belum, akan sedikit kami kasih pengalaman kecil tentang cara mendayung perahu boat. Penasaran? Pantengin terus web dan IG kami. Terima Kasih.

 

TRIP TIGA #Edu-Karst of Ciampea

Waktu : Cooming soon

Tempat : Ekosistem Karst Ciampea

Deskripsi : Pada trip ini niat kami sederhana. Mau mengajakmu ke bagian barat kampus IPB Dramaga. Tidak jauh, barangkali hanya sekitar 15 Km dari kampus. Tapi tidak berarti tidak istimewa. Kami ajak kamu main di tempat biasa kami bermain, berpetualang, belajar, bahkan ber-filosofi. Yap, sebuah bukit karst nan gagah yang berdiri kokoh sementara daerah sekitarnya sedang dijarah oleh para spekulan tanah dan properti. Inilah karst istimewa Ciampea. Kami bilang istimewa bukan karena kami berlebihan. Karena di Karst ini kami diajarkan keistimewaan Tuhan Yang Maha Esa. Juga diajarkan bagaimana mencintai Indonesia dari indahnya bentang alam karst ini. Juga, keindahan itu yang menyebabkan kami bersama Mapala se-Bogor Raya pernah menggelar Upacara 17 Agustus 2017 di kedalaman gua.

Apa itu Karst? Mengapa Edu-Karst? Karst merupakan salah satu bentang alam yang sungguh istimewa karya Yang Maha Istimewa. Karst serupa pons raksasa, terdapat pori-pori dan saluran per-gua-an yang rumit. Menyimpan air bagi makhluk hidup sekitarnya. Terdapat segala ornamen yang eksotis, lebih indah dari karya para seniman pematung. Karena ornamen goa terus hidup selama proses karstifikasi berlangsung. Juga sebagai ruang hidup bagi makhluk-makhluk hidup tertentu yang sudah dapat beradaptasi dengan lingkungan gua. Lebih dari sekedar keindahan alam, Karst Ciampea juga sebagai saksi kerajaan Tarumanegara. Tidak jauh dari karst Ciampea ditemukan prasasti-prasasti sejarah. Kami menyebut trip ini sebagai trip Edu-karst karena kami mengajak kamu sekalian untuk belajar bersama-sama di karst Ciampea. Tentang ekosistem alam  karstnya, dan juga sejarahnya.

Kami menawarkan pengalaman langsung belajar tentang karst di Ciampea. Melihat mata air dan menelusuri mulut-mulut gua. Mengamati Macaca fascirularis sebagai fauna top predator di ekosistem karst Ciampea. Belajar membuat camp. Bakar ikan sambil ‘ngeliwet’. Menikmati mata hari terbit sambil ber-filosofi tentang pengalaman-pengalaman hidup yang sudah dilalui. Kemudian diakhiri dengan belajar sejarah dari sisa-sisa peninggalan kerajaan Tarumanegara. Penasaran, dan pengen ikut? Pantengin terus web kami dan ikuti IG kami. Terima Kasih.

 

-Divisi Dana Usaha Ekspedisi Taman Nasional Bogani Nani Wartabone

1 Comment

  1. Itu yang navcer maksudnya hari sabtu tanggal 17 ya ka?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*