lawalataipb/ July 24, 2018/ Cerita Anggota/ 1 comments

Anggota LAWALATA IPB menjelajahi Gua di Ciampea

 Tahun ini LAWALATA IPB akan melakukan kegiatan ekspedisi yang berbeda dengan yang sebelumnya. Jika sebelumnya LAWALATA IPB berfokus pada kegiatan tertentu saja seperti caving (penelusuran gua) . Namun untuk tahun ini, LAWALATA IPB berkesempatan melakukan berbagai kegiatan untuk mengeksplorasi potensi sumber daya alam pada suatu lokasi. Ekspedisi ini bernama PANDAWA (Petualangan dan Jelajah Potensi Alam oleh LAWALATA).  Ekspedisi ini dilakukan pada bulan Mei hingga Agustus 2018. Lokasi pertama yang akan di eksplorasi adalah Kawasan Karst Gunung Cibodas Ciampea, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

         Kawasan Karst Gunung Cibodas, Ciampea Bogor merupakan kawasan karst yang membentuk sistem perguaan yang unik. Kawasan karst tersebut memiliki sumber air yang mengisi air bawah tanah. Sehingga sumber air ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk kebutuhan sehari-hari. Selain itu kawasan Karst Gunung  Cibodas merupakan habitat bagi satwa seperti monyet ekor panjang (Macaca fascicularis), berbagai burung, dan biota endemik endokarst.   Tidak hanya itu, panorama bentang alam karst yang indah dapat dijadikan tempat wisata.

Diberkahi dengan berbagai potensi dan keindahan yang ada tidak menutup kemungkinan bahwa kawasan karst ini dapat terus terjaga. Kondisi kawasan Karst Gunung Cibodas Ciampea kini mengalami ancaman ekosistem. Aktifitas penambangan kapur yang terjadi di lokasi sekitar dapat berperan sebagai ancaman bagi sistem hidrologi karst. Perubahan kondisi hidrologi karst yang mungkin terjadi dapat mengancam kelangsungan hidup biota endokarst dan eksokarst.  Padahal Kawasan Karst Gunung Cibodas memilki banyak potensi yang dapat dikembangkan dan dikelola secara berkelanjutan.  Namun dalam pengelolaanya dibutuhkan data sebagai dasar pertimbangan bagi stakeholder dan masyarakat untuk pemanfaatan yang lestari.

LAWALATA IPB akan menjawab kebutuhan data tersebut melalui kegiatan ini. Data yang akan diambil seperti karakteristik dan pemetaan titik-titik sumber mata air, pemetaan gua dan identifikasi biota gua, pendataan habitat monyet ekor panjang, karakteristik jalur pemanjatan tebing, identifikasi jalur pendakian dan dikaitkan persepsi masyarakat terhadap kawasan Karst Gunung Cibodas. Harapannya, data-data yang sudah diperoleh dapat menjadi rekomendasi dalam pengelolaan kawasan Karst Gunung Cibodas, Ciampea.

Ridwan N Saputra/L-369

1 Comment

  1. Klo sampe Agustus akhir bisa ikut ekspedisi nih hehe …

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*