lawalataipb/ July 28, 2020/ Press Release, Webinar/ 1 comments

Lawalata IPB berkolaborasi dengan Aksi Berbagi mengadakan webinar yang berjudul “1st Series Lawalata IPB Webinar” dalam rangka memperingati Hari Sungai Nasional yang jatuh pada tanggal 27 Juli. Webinar ini mengusung tema “Mengulas Perubahan Iklim di Indonesia dan Dampaknya Terhadap Kelestarian Sungai” serta mengundang beberapa narasumber yang kompeten dibidangnya yaitu Dr. Bima Arya Sugiarto, S.Hum, M.A (Walikota Bogor), Ir. Laksmi Dhewanthi, M.A (staff ahli Mentri Lingkungan Hidup dan Kehutanan), Prof. Dr. Rizaldi Boer (Dosen GFM IPB) dan Prof. Dr. Ir. Gadis Sri Haryani (Peneliti limnologi LIPI).

Narasumber pertama yaitu Ir. Laksmi Dhewanthi, M.A yang membawakan materi dengan judul “Kebijakan Pengendalian Perubahan Iklim”. Beliau merupakan anggota Lawalata IPB dengan nomor anggota L-145. Bu Laksmi menjelaskan dengan lugas mengenai kebijakan dan komitmen pemerintah terhadap perubahan iklim seperti Paris Agreement, NDC (Nationally Determined Contribution), dan dampak COVID-19 terhadap perubahan iklim. Adapun upaya dalam NDC meliputi ketahanan ekonomi, ketahanan sosial, dan ketahanan ekosistem serta lanskap. Bu Laksmi berharap ketika dunia kembali normal, kita bisa lebih mengelola GRK (Gas Rumah Kaca) di Indonesia. Narasumber kedua yaitu Prof. Dr. Rizaldi Boer yang membawakan materi dengan judul “Pengaruh Perubahan Iklim Terhadap Kelestarian Sungai”. Pak Rizaldi menjelaskan secara ilmiah terkait perubahan iklim. Menurut Prof. Rizaldi, masih banyak yang belum berkomitmen dengan masalah perubahan iklim ini. Seharusnya kita berkomitmen dan kolektif menangani permasalahan perubahan iklim ini. Narasumber ketiga yaitu Prof. Dr. Ir. Gadis Sri Haryani yang membawakan materi dengan judul “Ekohidrologi Sungai”. Beliau menjelaskan tentang kondisi perairan darat di Indonesia, ekosistem sungai, dan dampak perubahan iklim di Indonesia. Menurut beliau, secara langsung peningkatan suhu pada sungai dapat mengurangi air, sehingga mengganggu kehidupan biodeversitas sungai. Narasumber keempat yaitu Dr. Bima Arya Sugiarto, S.Hum, M.A selaku Walikota Bogor yang mengulas studi kasus kondisi Sungai Ciliwung. Menurut beliau, terdapat 3 hal yang menjadi tantangan pengelolaan Sungai Ciliwung yakni persoalan kewenangan, persoalan koordinasi, dan persoalan ekonomi atau anggaran.

Setelah semua narasumber memaparkan materinya, moderator mempersilakan peserta untuk menanggapai dan bertanya. Sesi diskusi berjalan dengan berbagai ulasan dan pertanyaan yang menarik. Di penghujung acara diadakan sesi foto bersama sekaligus menjadi momen tak terlupakan, karena mendapatkan banyak ilmu dan wawasan baru tentang perubahan iklim serta kelestarian sungai terlebih di Indonesia.

Selamat Hari Sungai Nasional, mari bersama-sama mencintai dan melestarikan sungai.

Tulisan oleh: Muh. Anugerah Raharjo (Anggota Muda)
Disunting oleh: Ziadatunnisa Ilmi L (L-405)

Materi dapat di download di tautan berikut :

http://ipb.link/webinar-harisungai

1 Comment

  1. Keren nih! Semoga makin sering ada webinar-webinar bermanfaat seperti ini lagi ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*