lawalataipb/ March 27, 2021/ Uncategorized/ 0 comments

Minggu (21/3/2021) bertepatan dengan Hari Hutan Sedunia, Perkumpulan mahasiswa pecinta alam Lawalata IPB berkolaborasi dengan sejumlah komunitas di Bogor mengadakan kegiatan penanaman pohon. Kegiatan tersebut mengusung tema “Boga Karasep : kolaborasi menjaga hutan, selamatkan generasi masa depan”. Kegiatan penanaman pohon dilakukan di Area Cico Resort, Cimahpar Bogor , melibatkan 6 komunitas dan 35 peserta. Komunitas yang terlibat antara lain Lawalata IPB, Forum Anak Kota Bogor, Forum Anak Bogor Utara, Forum Anak Cimahpar, PATBM (Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat), dan dihadiri juga oleh DP3A Kota Bogor (Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak). Kegiatan ini diikuti oleh peserta terbatas dan telah menerapkan protokol kesehatan.

“Generasi Z haruslah meningkatkan kesadaran akan pentingnya hutan dan lingkungan” begitulah sambutan dari ketua pelaksana Assyfa Uzzohro Khoerunnisa. Gadis yang berusia 16 tahun ini adalah ketua Forum Anak Kota Bogor. “Harapan dalam kegiatan kali ini ialah agar semua anak muda lebih aware terhadap lingkungan” lanjutnya ketika memberi sambutan. Kegiatan simbolis berupa pemotongan tali ditandakan sebagai pembuka kegiatan dilakukan oleh perwakilan dari pemerintahan yaitu Drs. Irwan Riyanto Msi. Sebelum  pembukaan beliau menjelaskan pentingnya hutan untuk peradaban. Beliau juga mengajak lagi untuk mengingat moto Kota Bogor yaitu “Dinu Kiwari Ngancik NU Bihari Seuja Ayeuna Sampeurun Jaga” yang artinya “Apa yang telah dinikmati oleh masa sekarang adalah hasil pekerjaan orang terdahulu dan apa yang diperbuat oleh orang di masa sekarang adalah warisan untuk masa depan”. Hal ini agar kita semua lebih peduli untuk masa depan lebih baik dengan selaras dengan hutan dan lingkungan, pengantar beliau sebelum melakukan peresmian pemotongan tali (simbolis). Setelah itu pemotongan tali (simbolis) dan diikuti para peserta kegiatan.

Selepas peresmian kegiatan, Penanaman pohon (simbolis) dilakukan oleh masing-masing perwakilan organisasi/komunitas. Didampingi oleh anggota Lawalata IPB untuk proses penanaman, dan juga pengenalan nama atau varietas pohon yang akan di tanam. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Lawalata IPB yaitu Zufar Fauzan (L-423) dan Melika Jehan (L-426). Adapun materi yang disampaikan diantaranya yakni sejarah Hari Hutan se-dunia, fungsi hutan terhadap ekologi, ekonomi dan sosial, serta penjelasan teknik menanam yang baik dan benar. Tidak hanya itu, ada pula diskusi mengenai permasalahan hutan di Indonesia dan bagaimana peran generasi muda untuk menyelamatkan masa depan dengan mementingkan aspek lingkungan lestari. Para peserta tampak antusias dan aktif saat berdiskusi.

Kegiatan berikutnya adalah mengayak kompos yang dilakukan oleh seluruh peserta kegiatan. Dalam kegiatan ini hasil sampah organik kering dikumpulkan terlebih dahulu, setelah terkumpul sampah tersebut diayak agar kompos yang dihasilkan memiliki ukuran yang diinginkan dan seragam. Rangkaian kegiatan diakhiri dengan menanam pohon dan mengaplikasikan pupuk kompos yang diikuti oleh seluruh peserta kegiatan. Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan dapat mewujudkan kesadaran pemuda untuk peduli terhadap hutan dan lingkungan. Selamat Hari Hutan Sedunia, mari bersama mewujudkan hutan lestari demi masa depan peradaban yang lebih baik.


Penulis: Muhammad Anugerah Raharjo (Anggota Muda Lawalata IPB)
Editor: Ziadatunnisa Ilmi Latifa (L-405)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*