lawalataipb/ October 4, 2021/ Ekspedisi Lawalata/ 0 comments

           Ekspedisi Perkumpulan Mahasiswa Pecinta Alam IPB (Lawalata IPB) dan Biodiversity Warriors (BW) IPB di tahun 2021 mengambil lokasi di Situ Dewa Dewi Cipiit, Desa Tanjung Sari, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Topik yang diambil pada ekspedisi ini adalah penelitian terkait potensi dan kesiapan masyarakat sekitar untuk pengembangan wisata yang ada di dusun Rawaseel. Ekspedisi kali ini bernama Ekspedisi Pandawa II, dinamakan demikian karena Pandawa adalah akronim dari Petualangan dan Jelajah Potensi Alam oleh Lawalata. Ekspedisi Pandawa sebelumnya telah dilaksanakan pada tahun 2018, di mana ciri khas dari ekspedisi ini ialah melibatkan seluruh KM (Kelompok Minat) yang ada di Lawalata IPB. Kali ini, KM (Kelompok Minat) yang terlibat antara lain Susur gua/LCD (Lawalata Cave Division), GH (Gunung Hutan), Tirta, FF (Flora Fauna), dan ML (Manusia dan Lingkungan). Untuk mensukseskan kegiatan, Ekspedisi ini didukung penuh oleh Yayasan KEHATI.

            Ekspedisi Pandawa II dilakukan dengan maksud mengembangkan potensi wisata yang ada di Situ Dewa Dewi Cipiit, karena tim ekspedisi merasa masih banyak potensi yang bisa digali dari objek wisata ini. Selain itu, konflik horizontal antarmasyarakat dan ancaman kerusakan oleh tambang yang juga mewarnai proses perkembangan wisata ini menjadi hal menarik bagi tim ekspedisi untuk dapat menjelajahi potensi yang ada dengan tujuan melindungi kekayaan dan memberi kebermanfaatan yang seharusnya dirasakan oleh masyarakat sekitar. Wisata Situ Dewa Dewi Cipiit awalnya dibangun oleh inisiatif warga dusun Rawa Seel, harapannya agar wisata ini dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Namun, perlu adanya kerja sama diantara masyarakat agar Wisata Situ Dewa Dewi Cipiit bisa berkembang.

Pengambilan data objek di jalur kawasan wisata Situ Dewa Dewi Cipiit.

            Pelaksanaan ekspedisi ini meliputi pra kegiatan, saat kegiatan, serta pasca kegiatan. Tahapan yang telah dilalui adalah pra dan saat kegiatan. Pra kegiatan telah berlangsung selama bulan Januari hingga Juli dengan agenda penyusunan kegiatan hingga peningkatan kapasitas tim. Pelaksanaan kegiatan dilakukan di bulan September, dengan agenda pengambilan data. Data yang diambil terbagi menjadi 5 segmen sesuai dengan jumlah KM (Kelompok Minat) yang terlibat, diantaranya adalah pengambilan data objek, jalur, dan kawasan wisata yang dilakukan oleh Kelompok Minat Gunung Hutan, pengambilan data kesesuaian kawasan perairan untuk aktivitas wisata yang diambil oleh Kelompok Minat Tirta, pemetaan gua yang dilakukan oleh Kelompok Minat Susur Gua, pengambilan data Analisis Vegetasi dan Inventarisasi Fauna oleh Kelompok Minat Flora Fauna, serta pengambilan data sosial terkait kesiapan masyarakat dalam pengembangan wisata Situ Dewa Dewi Cipiit oleh Kelompok Minat Manusia dan Lingkungan.

Pemetaan Gua Legok Picung yang dilakukan Anggota Lawalata IPB dan BW IPB.

           Proses pengambilan data memakan waktu selama 2 minggu. Hal yang unik dari ekspedisi kali ini adalah Ekspedisi Pandawa II dilakukan di tengah kondisi pandemi dan kuliah daring. Berbagai cara dilakukan untuk menyesuaikan waktu pengambilan data dan menyeimbangkannya dengan rutinitas kuliah seluruh anggota tim. Meski demikian, tim tetap dapat melakukan pengambilan data sesuai dengan waktu yang direncanakan. Tahap selanjutnya adalah pengolahan data dan pemaparan hasil serta saran model pengelolaan wisata kepada pemilik kawasan, yaitu Perhutani dengan diwakilkan oleh KPH (Kesatuan Pengelolaan Hutan) Sukabumi dan Seminar Hasil di waktu mendatang. “Dengan adanya Ekspedisi Pandawa II ini masyarakat merasa bermanfaat dengan hasil data dan berharap adanya kerjasama antara pihak pemerintah dan masyarakat sehingga kawasan wisata Situ Dewa Dewi Cipiit dapat dikelola secara berkelanjutan”, ungkap ungkap salah satu masyarakat setelah diwawancarai oleh Tim Ekspedisi Pandawa II.

Tim Ekspedisi berfoto di Puncak Pandawa.

Penulis: Rahmadan Khairul, Anggota Lawalata IPB dan Anggota BW IPB (085715946179)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*