Tentang L-IPB

Lawalata – IPB mempromosikan “lingkungan“ dan bukan sekadar alam (nature)

“Perkumpulan Mahasiswa Pecinta Alam Institut Pertanian Bogor, merupakan wadah bagi mahasiswa IPB dan alumni Lawalata untuk tidak sendirian dalam mengekspresikan jiwa yang bebas merdeka, alamiah, spontan, dan jujur, “suatu nilai yang identik dengan alam itu sendiri” yang selalu bertindak mengikuti nurani serta terus menerus mencari jalan untuk mengalahkan diri sendiri dengan prinsip tidak akan menyakiti alam beserta isinya serta berusaha mempertahankan perbedaan karakter tiap anggota dengan menyadari bahwa setiap makhluk hidup memiliki keunikan”

Lawalata-IPB didirikan pada tanggal 21 September 1974 yang diprakarsai oleh Suryo Adiwibowo (L-001) dan kawan-kawan. Latar belakang pendirian Lawalata-IPB adalah menggalang persatuan antar pecinta alam di IPB yang pada masa itu terpecah-pecah dan untuk mewadahi bakat minat dan kreativitas kepecintaalaman mahasiswa IPB secara umum dari seluruh fakultas yang ada.

Lawalata-IPB merupakan salah satu perintis perkumpulan mahasiswa dibidang kepecintaalaman. Salah satu andil Lawalata-IPB bagi dunia pecinta alam adalah dalam memperkenalkan sisi kegiatan pecinta alam yang berbeda dari yang dipopulerkan MAPALA (Mahasiswa Pencinta Alam) atau ratusan kelompok pecinta alam yang lain. Lawalata-IPB mempromosikan “lingkungan“ dan bukan sekadar alam (nature).

Lawalata – IPB mempunyai ciri khas yaitu “lebih” bergerak di bidang lingkungan hidup daripada sekadar petualangan.

Dalam mewadahi aktivitas anggotanya, L-IPB menggunakan istilah Kelompok Minat (KM), yang menggambarkan spesifikasi perhatian dan pengembangan kemampuan di Lawalata IPB. Kelompok Minat merupakan kelompok yang dinamis sesuai dengan ide-ide dan perkembangan jaman. Untuk saat ini, terdapat 5 KM di L-IPB, yaitu:

1.         Kelompok Minat Manusia dan Lingkungan; KM yang meletakkan perhatiannya pada masalah sosial dan pendidikan lingkungan ini mulai dikembangkan sejak tahun 2001. Kegiatan yang dilakukan KM ini meliputi riset-riset tentang perilaku manusia ketika berhubungan dengan alam dan pendidikan lingkungan di tingkat dasar. Salah satu kegiatan KM Manusia dan Lingkungan adalah Pendidikan Lingkungan Hidup Sekolah Dasar (PLH SD) di sekitar kampus IPB. Hasil pembelajaran dituliskan dalam modul-modul sederhana bagi anak-anak SD. Anggota KM ML juga belajar dengan organisasi lain seperti Rimbawan Muda Indonesia (RMI) dan REPLING Kebun Raya.

 

2.         Kelompok Minat Tirta; KM ini dibentuk untuk mewadahi minat anggotanya terhadap lingkungan perairan baik sungai, danau, pesisir, maupun laut.perairan seperti di sungai dan di laut terutama terkait dengan riset-riset atau studi mengenai kualitas air.

 

3.         Kelompok Minat Climbing; KM ini bertujuan meningkatkan kemampuan fisik  dan olahraga dalam ruang lingkup panjat tebing alami maupun buatan. Nantinya ada beberapa teknik pemanjatan yang akan diajarkan ketika telah memasuki KM ini.

 

4.         Kelompok Minat Caving; KM caving atau yang biasa dikenal dengan Lawalata Cave Division (LCD) merupakan kelompok minat yang bergerak dalam bidang speleologi yang fokus pada kawasan karst, yang meliputi penelusuran goa, kajian endokarst (pemetaan goa, bispeleologi dan lainnya) dan eksokarst (analisis vegetasi dan fauna sekitar goa) pergoaan, maupun lingkungan di sekitar pergoaan termasuk kajian masyarakat

 

5.         Kelompok Minat Gunung Hutan; KM gunung hutan merupakan salah satu divisi yang berada di LAWALATA IPB, kegiatan divisi ini mencangkup pendakian, dan berkaitan dengan mounteneriing. Selain itu terdapat juga beberapa riset atau hasil penemuan dari kegiatan pendakian seperti penemuan kembali Balanophora di Gunung Salak yang diperkirakan telah lama hilang.

 

Download logo lawalata-IPB disini