lawalataipb/ October 25, 2021/ Uncategorized/ 0 comments

Regenerasi anggota berkualitas sangat penting di dalam organisasi, agar kehidupan organisasi berjalan dengan benar sepanjang waktu. Setiap anggota Lawalata IPB memiliki masa waktu terbatas sebagai mahasiswa. Maka, kegiatan mengenalkan dan memberikan pemahaman seputar seluk-beluk keorganisasian yang dinamakan kegiatan Manajemen Organisasi dan Kepemimpinan (MOK) penting dilaksanakan dengan sasaran peserta pengurus dan anggota muda baru.

Tujuan MOK adalah membekali pengurus dan anggota muda baru tentang keorganisasian seperti nilai-nilai kepecinta alaman, kepemimpinan cinta alam, kelawalataan, konstitusi, mitigasi bencana, pengantar manajemen ekspedisi, isu lingkungan, jurnalistik, administrasi dan keuangan, inventarisasi alat, inventarisasi pustaka, berpikir kritis, strategi branding, kewirausahaan, publikasi ilmiah dan optimalisasi media sosial.

MOK Lawalata IPB digagas pada tahun 2014. Latar belakang terbentuknya kegiatan MOK antara lain kebutuhan organisasi dalam menindaklanjuti masa pembinaan calon anggota, pengaturan (administrasi) organisasi, dan pentingnya  kepemimpinan dalam organisasi.

Lawalata IPB tiap tahun menyelenggarakan pembinaan calon anggota untuk mendapatkan anggota baru sehingga regenerasi anggota berjalan lancar. Durasi Pembinaan pada tahun-tahun sebelumnya dilaksanakan selama satu tahun. Pada tahun ajar 2011 – 2012, terjadi perubahan durasi pembinaan satu tahun menjadi kurang lebih setengah tahun. Ide mengubah durasi waktu pembinaan telah dibahas jauh-jauh hari sebelumnya, namun baru dapat dilaksanakan saat kepengurusan periode 2011-2012.

 Perubahan itu berdasarkan keputusan Rapat Anggota yang dipimpin Ketua Umum Dafid Kurniawan/L-317, dengan pertimbangan waktu itu telah dimulainya verifikasi UKM oleh Ditmawa IPB yang berikutnya dilaksanakan setiap dua tahun sekali. Salah satu syarat lolos verifikasi UKM adalah jumlah minimal anggota UKM sebanyak lima puluh mahasiswa/i aktif. Bila tidak lolos sebagai UKM, maka fasilitas seperti ruang sekretariat dan dana fix cost tidak dapat diberikan kepada UKM bersangkutan, bahkan status UKM tidak diakui sebagai UKM sah di IPB. Harapannya, durasi masa pembinaan setengah tahun membuat anggota baru Lawalata relatif selalu banyak 15-25 orang sehingga selalu lolos verifikasi UKM.

Pada sisi lain, perubahan waktu masa pembinaan tersebut mempengaruhi kualitas kepengurusan organisasi, yang disebabkan anggota pembinaan dengan durasi pembinaan setengah tahun baru memiliki pengetahuan dan pengalaman aktivitas Teknik Hidup di Alam Bebas, belum mendapatkan materi pembinaan seperti anggota masa pembinaan satu tahun, maka dari itu perlu ada intervensi pembekalan pengetahuan seputar manajemen organisasi.

Cikal bakal kegiatan MOK yang terstruktur, diawali dengan pembahasan oleh para ketua umum Lawalata untuk merumuskan pokok-pokok materi, ruang lingkup materi, tujuan, dan saran narasumber. Ketua umum yang ikut merumuskan yaitu Sudiyah Istichomah/L-262, Benny Aladin Siregar/L-282, M. Riza Febriano/L-293, Anggi Putra Prayoga/L-301, Dafid Kurniawan/L-317, Herdafi Rizki Zamzami/L-316, Annisa Pratiwi/L-333, Hardian Akbar/L-346, dan Kasrizal/L-358, ditambah seorang alumni Mustagfirin.

Kegiatan MOK secara terstruktur dimulai pada tahun 2014 dibawah kepengurusan Wahyu Septa Sabda Alam/L-370, dan berjalan setiap tahun untuk pengurus dan anggota muda baru hingga tahun kepengurusan 2021. Substansi materi yang diberikan, ditambah atau dikurangi atau diperbaharui berdasarkan evaluasi dan kebutuhan pengurus di setiap zamannya. Begitu juga dengan pemateri yang mengisi pertemuan materi di MOK adalah beberapa anggota lawalata yang ahli dibidangnya. Sehingga kegiatan MOK tidak hanya sebagai tempat belajar, melainkan tempat silaturahmi antara anggota luar biasa, pengurus dan anggota muda.

Penulis : Dafid Kurniawan (L-317) dan Melika Jehan (L-426)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*